10 Etika Menggunakan Toilet

Selasa, 26 Januari 2016

10 Etika Menggunakan Toilet

      Pola kehidupan manusia pasti selalu mengalami perubahan, baik perubahan perilaku, perubahan paradigma, perubahan budaya, dan lain sebagainya. Salah satu contoh kecil dari perubahan perilaku manusia adalah kebiasan MCK (Mandi, Cuci, Kakus). Jika dahulu orang-orang masih menggunakan sungai sebagai sarana MCK seiring dengan gencarnya promosi pemerintah tentang sanitasi lingkungan maka sebagian besar warga Indonesia sudah mengubah perilakunya dari yang menggunakan sungai kini berubah menjadi menggunakan toilet untuk kegiatan MCK. Ada beberapa jenis toilet pada era ini seperti kakus cubluk, toilet jongkok, toilet duduk, dsb.


       Pada era sekarang saya yakin hampir semua orang pasti pernah menggunakan toilet umum baik orang pedesaan maupun perkotaan. Penggunaan toilet umum jika tidak dijaga kebersihannya bisa menjadi sarana penularan penyakit terutama yang disebabkan oleh mikroorganisme patogen, bahaya terbesar ada pada toilet duduk. Sayangnya tidak semua orang peduli untuk menjaga kebersihan toilet yang selesai digunakannya. Seringkali kita menjumpai toilet umum yang tidak terjaga kebersihannya terutama toilet di perkantoran, mulai dari tempat sampah yang penuh tisu kotor bahkan sampai tumpah-tumpah ke lantai, dan terkadang juga ditemukan bercak-bercak cairan berwarna kuning di dudukan kloset. Semua permasalah ini terjadi karena kurangnya kesadaran pengguna toilet akan pentingnya menjaga kebersihan. Kurangnya kesadaran ini dapat juga dipengaruhi oleh ketidak fahaman pengguna toilet tentang etika yang benar dalam penggunaan toilet duduk umum. Berikut ini saya jelaskan secara singkat 10 etika menggunakan toilet umum :

1. Pastikan Flush dalam Keadaan Mengalir
Sebelum menggunakan toilet sebaiknya periksa dulu apakah saluran flush mengalir atau tidak. 

Flush Kloset, Tombol Flush Toilet



2. Bersihkan Dudukan Kloset
Sebelum menggunakan toilet sebaiknya siram dengan air pada dudukan kloset kemudian keringkan dengan tisu. Jika Anda masih kurang yakin dengan keefektifannya, Anda bisa menggunakan Toilet Seat Sanitizer untuk mensterilkan dudukan toilet.


3. Untuk laki-laki yang ingin buang air kecil, bukalah seluruh tutup kloset agar tidak mengotori dudukan kloset.

Kloset Duduk, Tutup Kloset Duduk




4. Untuk perempuan yang ingin buang air kecil, silakan duduk di dudukan kloset & JANGAN JONGKOK!
Menggunakan Kloset Duduk, Tidak Jongkok


5. Bagi yang ingin BAB, silakan duduk di dudukan kloset & JANGAN JONGKOK!
6. Jangan lupa untuk menyiram (flush) sampai bersih setelah selesai buang air.
7. Bersihkan lagi dudukan kloset setelah kita gunakan, hal ini juga merupakan salah satu sikap peduli kita terhadap pengguna toilet lainnya.
8. Bukalah seluruh tutup kloset setelah aktifitas selesai.

Kloset Duduk, Tutup Kloset Duduk



9. Jangan membuang sampah dalam bentuk apapun ke dalam kloset

Larangan Membuang Tisu ke Kloset


10. Cuci tangan sampai bersih sebelum meninggalkan toilet

Cuci Tangan, Cuci Tangan di Toilet

-
thank you

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Next Previous Home
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...